DANAU TUNJUNG, ARGOPURO


Ya, mungkin masih asing di telinga kita mengenai danau yang satu ini. Tidak seperti Ranu Kumbolo yang sudah terdengar santer seantero Indonesia bahkan mancanegara, terutama berkat film "5cm". Sedikit saja mengulas danau yang mulai sedikit naik pamor di kalangan pencinta kegiatan alam bebas dan ekplorasi ini. sesuai dengan judul, danau ini terletak di deretan surga Dataran Tinggi Yang ( disebut juga "Hyang" atau "Iyang") tepatnya koordinat 07° 59’ 42” LS - 113° 37’ 18” BT di Google Earth. Dataran Tinggi yang terkenal dengan keindahan hutan gunung Argopuro ini ternyata memiliki banyak sekali spot yang sangat indah sebagai tanda kebesaran-Nya. tidak melulu Cikasur, Cisentor, puncak Rengganis dan hutan edelweissnya. Tersembunyi dengan apik walaupun jika ditarik lurus hanya berjarak 2,8 km arah 179° dari pos Cikasur.






Sedikit unik, danau ini banyak ditumbuhi tumbuhan yang menjulang tinggi di tengah-tengahnya. Jika turun kabut, bertambah nilai eksotis dan sisi misterius danau ini. Terdapat sumber air yang menjadi tulang punggung terisinya danau ini. Tak heran pula tanah di sekitarnya didominasi lahan gambut yang ditumbuhi anggrek dan jamur.



Danau ini juga menjadi tempat bersarang dan tumbuh merak yang begitu cantik. Tidak susah untuk menemukan tempat bernaung merak-merak ini. Bulunya pun banyak yang berguguran di sekitar Danau Tunjung ini. Menjelang senja, merak-merak ini saling bersahut-sahutan dengan merdunya. Memecah kesunyian Danau Tunujung yang memang "Sepi Pengunjung" ini.






Photo by : ichal_error ; wanayasak ; nur_khafidhoh
Keyword : Danau Tunjung, Argopuro, Adventure, Hiking, Explore

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARGOPURO 2018

SEPATU OUTDOOR (PART 1)