Sumber Air di Denali (Part 1)


Salah satu yang sering ditanyakan saat tim AIDeX  WANALA UNAIR mendaki gunung denali pada 2017 adalah sumber air, baik itu untuk kebutuhan minum ataupun memasak.

Pada dasarnya di Denali tidak ada sumber air seperti di gunung-gunung Indonesia pada umumnya. Lalu menjawab pertanyaan tersebut, dari mana kami mendapat pasokan air minum ?


Satu-satunya tumpuan kami untuk mendapat pasokan air berasal dari salju yang sangat melimpah ruah. Tentunya salju itu harus kami masak terlebih dahulu hingga mencair dan mendidih, baru dapat digunakan untuk konsumsi.

Salju yang kami ambil untuk dimasak pun kami pilih dari salju yang bersih. Bukan dari salju yang telah diinjak-injak apalagi di daerah toilet. Setiap hari biasanya akan turun hujan salju, lalu menimbulkan tumpukan salju baru yang relatif bersih.



Lalu bagaimana kalau kita langsung begitu saja mengkonsumsi salju yang turun ? Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa salju berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi langsung, namun juga ada yang menyebutkan aman jika salju tersebut masih berusia kurang dari 12jam sejak turun & belum terkontaminasi apapun.

Dari pengalaman pribadi, saya mencoba mencampur segenggam salju dengan air yang sudah dimasak. Hasilnya saat diminum ? Tenggorokan langsung terasa serik dan sangat dingin. Sangat tidak cocok bagi saya yang memang tidak terlalu suka minuman dingin.


===================================
foto dokumentasi AIDeX WANALA UNAIR
by Yasak
===================================

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DANAU TUNJUNG, ARGOPURO

PERLENGKAPAN MENDAKI GUNUNG

ARGOPURO 2018