TENDA MAKAN





Tenda merupakan salah satu perlengkapan penting saat kita berkegiatan di alam bebas, apalagi yang membutuhkan waktu berhari-hari. Tenda berfungsi sebagai tempat istirahat dan berlindung dari berbagai ancaman di alam bebas seperti angin, hujan, terik panas matahari langsung dan lain sebagainya.

Saat pendakian ke Denali 2017 yang lalu, kami membawa total 3 tenda. 2 tenda The North Face VE 25 untuk tidur dan berlindung saat camp, dan 1 tenda dapur MHW Mega Light. Yang menarik bagi saya adalah tenda dapur tersebut. Bentuknya persegi dengan 1 ujung di tengah atas menyerupai piramida.


Merupakan pengalaman pertama kali saya menggunakan tenda semacam itu. Kalau biasanya di gunung atau hutan tropis Indonesia hanya menggunakan flysheet atau outer tenda sebagai tenda dapur dan makan. Untuk pendakian di medan salju sangat efektif menggunakan tenda model piramida tersebut.

Penggunaanya pun sangat unik. Untuk mendirikan tendanya sih kurang lebih sama seperti tenda model piramida kebanyakan. Setiap ujung bawah tenda ditancapkan dengan pasak dan bagian atas disanggah dengan tongkat.

Yang membuat unik adalah bagian dalamnya. Kita harus menggali saljunya 2 tingkat. 1 tingkat untuk kita duduki dan 1 tingkat untuk kaki kita. Digali sedemikian rupa sehinggan nyaman untuk duduk. Jadi di dalam tidak duduk bersila, selonjoran atau jongkok.

Jangan lupa juga untuk memberi alas di tempat duduk kita, sebaiknya menggunakan foam mattress, karena kalau tidak diberi alas, pantat akan sangat cepat terasa dingin. Dan perlu diingat juga bahwa tidak semua bagian digali, karena harus menyisakan ruang untuk tempat memasak & menaruh alat-alat yang dibutuhkan.

Tidak ada teknik atau pakem resmi terkait lubang yang ada di dalam tenda, tergantung kreatifitas masing-masing.






===================================
foto dokumentasi AIDeX WANALA UNAIR
===================================

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DANAU TUNJUNG, ARGOPURO

PERLENGKAPAN MENDAKI GUNUNG

ARGOPURO 2018